Rabu, 11 Juni 2008

SEJARAH INTERNET

Tahukah kamu ? Bagaimana terbentuknya internet yang kita kenal sekarang ini. Internet adalah jaringan global yang terdiri dari jaringan-jaringan komputer LAN (Local Area Network) maupun WAN (Wide Area Network) yang saat ini menghubungkan ribuan bahkan jutaan komputer diseluruh dunia. Atau dengan kata lain internet adalah networks of networks atau jaringan dalam jaringan.

Internet lahir pada masa perang dingin sekitar tahun 1960-an digunakan untuk keperluan militer. RAND corporations bekerjasama dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan UCLA (University of California) mengembangkan sistem ini untuk departemen pertahanan Amerika. Maka terciptalah ARPANET yang menghubungkan empat buah super komputer yang diperuntukan untuk memudahkan komunikasi bagi angkatan bersenjata Amerika Serikat. Hingga saat ini berkembang sangat pesat dan telah menghubungkan jutaan komputer diseluruh dunia.
Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakaiannya baik dalam berkomunikasi maupun dalam pertukaran informasi. Diantara sekian banyak fasilitas yang ditawarkan oleh internet, dibawah ini adalah fasilitas yang paling banyak digunakan :

Electronic Mail (E-Mail)
Adalah surat elektronik yang diterima melalui internet fasilitas ini merupakan yang paling populer & banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia dan dapat diterima dalam hitungan menit.

FTP (File Transfer Protocol)
File Tranfer Protocol merupakan fasilitas internet untuk mengakses suatu file yang berada di host komputer. File dapat diletakan (upload) atau diambil (download) kedalam komputer.

WWW (World Wide Web)
Ini adalah fasilitas yang paling popular di internet karena semua informasi diseluruh penjuru dunia dapat dilihat melalui website-website yang ada. WWW adalah fasilitas yang paling pesat perkembangannya. Dari awalnya hanya dapat menampilkan teks saat ini dapat menampilkan suara, gambar, animasi, dan film sehingga berbagai fasilitas dapat dilakukan melalui WWW.

Dengan adanya internet sekarang ini dapat mempermudah kita dalam pencarian dan pertukaran informasi dari berbagai belahan dunia sehingga jarakpun terasa dekat dan waktu terasa cepat irfan.h

Tidak ada komentar: